Blog seputar ulasan aplikasi android dan game android yang seru untuk disimak

Senin, 07 Mei 2018

Penasaran Cara Partisi SD Card Android Tanpa PC? Simak Info Berikut!

Cara Partisi SD Card Android Tanpa PC - Siapa yang tak kenal SD Card? Fitur yang umum ditemukan di perangkat Android ini memungkinkan sobat memberi tambahan storage selain memori internal agar smartphone memiliki ruang lebih besar. Dalam perkembangannya, SD Card sebenarnya bisa dipartisi – dibagi menjadi beberapa bagian lho. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemusatan file di satu tempat saja.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Inilah cara partisi SD Card Android Tanpa PC yang dijamin berhasil!
cara partisi SD Card Android Tanpa PC
  • Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membagi memori menjadi beberapa hal adalah menyiapkan smartphone kesayangan. Oh iya jangan khawatir tak punya personal computer atau laptop sebab semua bisa dilaksanakan langsung dari genggaman sobat.
  • Kamu dapat langsung menuju ke Google Play Store untuk menemukan aplikasi bertajuk “AParted”. Jika tak bisa menemukannya, gunakan fitur search yang disediakan Google dan masukkan kata kunci.
  • Sobat hanya perlu menunggu selama beberapa waktu hingga sistem selesai menjalankan pemasangan aplikasi. Nah kamu sudah siap menyimak cara pastisi SD Card Android yang sesungguhnya.
  • Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menuju menu setting, lalu scrool kebawah hingga menemukan menu “Storage”. Buka menu tersebut lalu tap “Unamount SD Card” agar memori eksternal ini dapat dilepas dengan aman.
  • Bukalah aplikasi tersebut lalu kamu akan dihadapkan pada halaman muka. Sobat bisa menekan tombol berwarna hijau yang disediakan di laman utama aplikasi untuk mempartisi. Jika kamu menekan tiga kali maka partisi akan secara otomatis diubah menjadi tiga bagian.
  • Pada langkah ini kamu bisa menentukan jenis partisi yang akan digunakan. FAT32 sebagai format yang paling umum bisa digunakan untuk menyimpan file, lagu, foto, video, film, aplikasi, dan lain sebagianya. EXT2 hanya berhasil digunakan untuk menyimpan hasil install yang dilakukan aplikasi. Sementara itu Swap (RAM expanded) merupakan jenis partisi yang bisa digunakan sebagai memori internal kedua dalam perangkat kesayangan. Jika sobat menginginkan yang aman, maka opsi FAT32 adalah yang paling masuk akal.
  • Kamu dapat langsung mengatur kapasitas setiap partisi sesuai keinginan.
  • Jika sudah berhasil dan yakin dengan pilihan maka kamu hanya perlu mentap opsi “Apply changes”. Tak perlu sampai berlama-lama sebab format yang baru sudah siap digunakan.
Satu hal yang menyenangkan dari cara partisi SD Card Android tanpa PC ini adalah kemudahan navigasi sehingga orang baru sekalipun bisa mengoperasikannya. Kamu juga tak perlu rooting sehingga perangkat tetap aman.

Simak juga:
Simak, Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Tanpa Root

Satu hal lain yang perlu kamu ketahui adalah mengubah partisi default dapat membuat data dalam SD Card terhapus secara permanen. Oleh karena itu pastikan kamu sudah benar-benar memindahkan data paling penting dari perangkat ke PC ataupun laptop. Selamat mencoba.
Penasaran Cara Partisi SD Card Android Tanpa PC? Simak Info Berikut! Rating: 4.5 Posted By: Dodik Parman