Blog seputar ulasan aplikasi android dan game android yang seru untuk disimak

Senin, 19 Maret 2018

Jangan Panik Jika Play Store Tidak Bisa Dibuka, Baca Ini!

Google Play Store bisa diibaratkan sebagai “penyelamat” pengguna smartphone. Betapa tidak, kamu akan menemukan beragam konten dan aplikasi yang bisa langsung diunduh sesuai keinginan. Namun apa yang terjadi jika Play Store tidak bisa dibuka? Jangan panik dulu tapi bacalah artikel ini hingga selesai ya!

Tips Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Pada HP Android 

tips menangani Play Store tidak bisa dibuka
  • Ini Alasan Play Store “Macet”
Mengetahui penyebab tak bisa diaksesnya Google Play Store sama pentingnya dengan mencari tahu solusi atas masalah tersebut. Dalam perkembangannya terdapat cukup banyak hal yang menyebabkan layanan konten digtal ini tak bisa dibuka, salah satunya adalah koneksi internet lambat; biasanya akan muncul notifikasi Play Store tidak bisa dibuka no connection. Tentu saja ini adalah masalah klasik yang tak hanya menimpa Play Store namun juga bisa mempengaruhi aplikasi lainnya.

Selain koneksi internet yang tak stabil, RAM Android yang terlalu mepet juga bisa jadi penyebabnya. Penumpukan cache serta history yang tak pernah dihapus juga bisa menjadi biang keladi terganggunya aplikasi. Selain itu ada penyebab X yang tak bisa diprediksi – biasanya karena bug – yang terjadi pada Play Store.
  • Coba Hapus file Cache dan history Kamu
Ada solusi klasik yang bisa dicoba mengatasi Play Store tidak bisa dibuka, yaitu dengan menghilangkan file sampah yang ada dalam aplikasi. Cara melakukannya sangat mudah, cukup dengan membuka menu pengaturan/setting kemudian pilih aplikasi. Kamu harus scrool hingga menemukan menu Google Play Store. Buka dan tap pilihan “hapus cache” setelah itu cobalah membukan Play Store sobat.

Simak Juga:
Simak, Cara Logout Play Store Pasti Berhasil
Simak, Cara Ampuh Atasi Sayangnya Google Play Telah Berhenti

  • Hapus Data Play Store Jika Diperlukan
Layanan konten digital ini biasanya sudah bisa diakses kembali setelah cache dibersihkan, namun jika masih membandel maka menghapus data adalah langkah kedua yang harus ditempuh. Langkah ini secara otomatis menghapus semua data yang ada – termasuk login, history, dan lain sebagainya. Kamu dapat melakukannya dengan membuka menu pengaturan lalu ke setelan tambahan. Pada menu manajemen aplikasi carilah Google Play Store. Buka aplikasi lalu tap paksa berhenti dan hapus data.
  • Restart Smartphone adalah Cara Ketiga
Tak bisa dibukanya Google Play Store bisa juga disiasati dengan restart kembali device tercinta. Hal ini memaksa sistem kembali ke pengaturan awal sehingga lebih “fresh”. Kamu hanya perlu mentap tombol power selama beberapa detik hingga menu restart muncul. Pilih dan tunggu saja sistem memulai kembali perangkat.
  • Factory Reset adalah Cara Hardcore
Langkah terakhir untuk menangani Google Play Store tidak bisa dibuka mungkin sedikit ekstrim, namun ini menjadi solusi atas semuanya. Yups, lakukan factory reset agar perangkat kamu kembali ke setelan awal. Eits jangan lupa backup semua file yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Mengatasi Play Store yang tak bisa diakses memang menjadi sebuah hal urgen – terlebih jika sobat sering mengakses layanan konten digital tersebut. Semoga berhasil ya!
Jangan Panik Jika Play Store Tidak Bisa Dibuka, Baca Ini! Rating: 4.5 Posted By: Dodik Parman