Blog seputar ulasan aplikasi android dan game android yang seru untuk disimak

Kamis, 29 Maret 2018

Apa Itu Cache dan Fungsinya, Ini Jawaban Lengkapnya!

Handset Android masih gress dari toko? Well memainkan perangkat seperti ini tentu menyenangkan sebab kamu masih punya banyak storage yang dapat diisi apapun sesuai keinginan. Namun tunggu beberapa waktu dan rasakan, kebanyakan handset akan segera melambat kinerjanya – bahkan tak lagi bisa digunakan memasang aplikasi baru. Hmmm, keceriaan yang dulu tampak langsung menghilang ya!

Sebenarnya ada banyak alasan dibalik melambatnya kinerja handset, termasuk urusan cache yang sering menjadi masalah umum. Sebenarnya apa itu cache dan seberapa penting hal itu dalam perangkat? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini:

pengertian cache

  • Selayang Pandang Cache
Jika berbicara mengenai asal mula kata, cache sendiri berasal dari kata “crash” yang artinya bertabrakan. Namun dalam dunia teknologi cache diartikan sebagai temporary files atau data sementara yang tersimpan dalam memori internal Android.
  • Pentingkah Cache bagi perangkat Android?
Sebagai sebuah tempat menyimpan data sementara, cache secara otomatis akan menyimpan data pencarian sebelumnya sehingga membuat pemrosesan data selanjutnya menjadi lebih cepat. Selain mempercepat proses data, cache juga dapat meringankan kerja prosesor. Plus, cache mampu menjadi jembatan yang menghubungkan perbedaan kecepatan CPU dan memori utama perangkat.
  • Seperti apa cara kerja cache?
Cache sendiri bekerja dengan menyimpan data penelusuran sobat ketika melakukan aktivitas. Nantinya prosesor yang membutuhkan data akan mencarinya pada cache terlebih dahulu. Proses pembacaan data yang relatif singkat membuat sobat tak perlu menunggu lama untuk mendapat hasilnya.
  • Bagaimana cara menghapus cache?
Agar perangkat dapat bekerja secara maksimal dan efisien, cache harus dalam jumlah kecil di perangkat. Jika terlalu banyak yang menumpuk, cache diartikan sebagai file sampah yang bukannya membantu kinerja perangkat namun malah membuatnya lebih lambat.

Cara menghapus cache sebuah aplikasi sendiri sangat mudah kok, cukup dengan mengikuti langkah berikut ini:
  1. Cara pertama yang diperlukan setelah tahu apa itu cache dan berniat menghapusnya adalah dengan menyiapkan perangkat kesayangan terlebih dahulu.
  2. Sobat selanjutnya bisa langsung mengakses menu pengaturan dalam perangkat
  3. Terus scrool ke bawah hingga menemukan sub-menu apps atau aplikasi
  4. Kamu akan dihadapkan pada daftar aplikasi yang terpasang pada perangkat, bukalah satu-satu aplikasi tersebut lalu tap hapus cache
Cara ini terbukti cukup efektif meningkatkan kinerja perangkat yang lambat karena banyaknya cache menumpuk lho. Meski demikian tak jarang pula orang menggerutu karena harus melakukannya satu persatu. Kamu yang tak sempat melakukan hal ini dapat menyiasatinya dengan memasang aplikasi cleaner lho. Cukup mudah ‘kan?

Mengetahui apa itu cache beserta fungsinya tentu memberikan nilai lebih kepada sobat sebagai pengguna. Berbekal pengetahuan tersebut kini kamu jadi tahu bagaimana menyiasati agar perangkat tetap mampu berjalan secara efisien.
Apa Itu Cache dan Fungsinya, Ini Jawaban Lengkapnya! Rating: 4.5 Posted By: Dodik Parman